Program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) UPTD Puskesmas Mrebet

Program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) UPTD Puskesmas Mrebet

Purbalingga, Puskesmas Mrebet melaksanakan program rutin yaitu Kelas Prolanis Hipertensi pada hari Kamis (13/9). Program ini rutin dilaksanakan untuk pasien BPJS penderita hipertensi setiap bulan. Kelas prolanis ini ada 2 jenis yaitu kelas Diabetes pada hari Rabu minggu kedua dan kelas hipertensi pada hari Kamis minggu kedua.

Prolanis merupakan sistem pelayanan kesehatan dengan pendekatan promotif dan preventif yang dikembangkan BPJS Kesehatan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Prolanis dikembangkan karena penyakit kronis seperti diabetes mellitus dan hipertensi tergolong penyakit yang menyedot biaya paling besar. Hipertensi dan Diabetes adalah Penyakit Tidak Menular yang sedang diintervensi karena apabila dibiarkan dapat menjadi komplikasi penyakit lainnya seperti stroke, gagal ginjal.

Pengelolaan penyakit kronis dilakukan secara komprehensif meliputi peningkatan edukasi penderita dan keluarga terhadap penyakit kronis yang dideritanya, selain dilakukan pemeriksaan rutin dan pemberian obat.

Admin.

admin

UPTD Puskesmas Mrebet adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ( FKTP) yang memberikan pelayanan kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan yang berada di Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah. UPTD Puskesmas Mrebet Sepenuh Hati Melayani Anda

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *