Kenalkan Kesehatan Gigi Kepada Anak TK Melalui UKGTK

Kesehatan gigi seringkali kurang diperhatikan. Sebagian besar masyarakat memeriksakan giginya saat sudah sakit, rusak, atau bengkak. beberapa hal yang menyebabkan adalah rasa takut, malas dan acuh untuk periksa gigi. Akibatnya akan merugikan diri sendiri karena akan merasakan sakit dan kerusakan gigi lebih parah.

 

Anak-anak dengan gigi sehat tentu akan membuat mereka tidak kesulitan makan kare sakit. Tidak mengganggu aktivitas belajar serta tidak mengganggu tumbuh kembang mereka. Berbeda apabila dari kecil anak sudah sering sakit gigi, gupis, bengkak sulit atau tidak mau makan sehingga mempengaruhi kesehatannya. Apalagi kalau sakit gigi sampai panas tinggi, bengkak, abses, bahkan trismus atau sulit buka mulut.

 

    

Pengenalan tentang pentingnya kesehatan gigi perlu dilakukan sejak dini karena sangat diperlukan anak tidak takut atau trauma saat mererka memerlukan perawatan gigi. Upaya pencegahan yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Mrebet diantaranya UKGTK (Upaya Kesehatan Gigi Taman Kanak-Kanak). Program ini dilaksanakan dengan kegiatan penyuluhan kesehatan gigi beserta pencegahan penyakit gigi dan mulut,  pemeriksaan gigi, demo dan praktek sikat gigi bersama di 15 TK/RA di wilayah kerja UPTD Puskesmas Mrebet pada bulan September dan Oktober 2018.

       

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun serta pengenalan Ecobrik, sebagai salah satu upaya menjaga lingkungan. “Satu anak bisa mempunyai satu botol sebagai tempat sampahnya. Apabila sudah terkumpul satu sekolah dapat dirangkai dan dimanfaatkan sebagai kursi, meja atau pembatas taman. langkah kecil peduli lingkungan” drg Rahayu memberikan semangat kepada anak-anak untuk menjaga lingkungan.

“Gigi Sehat Gigi Kuat Yes”

“Badan Sehat Badan Kuat Yes Yes”

“Salam Lestari. Lestari Alamku, Lestari Lingkunganku”

   

 

admin

UPTD Puskesmas Mrebet adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ( FKTP) yang memberikan pelayanan kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan yang berada di Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah. UPTD Puskesmas Mrebet Sepenuh Hati Melayani Anda

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *