Kelas Calon Pengantin Persiapan Keluarga Lebih Sehat

Kelas Calon Pengantin Persiapan Keluarga Lebih Sehat

Kelas Calon Pengantin Persiapan Keluarga Lebih Sehat

Kelas Calon Pengantin untuk Persiapan Keluarga Lebih Sehat

Puskesmas Mrebet

Upaya untuk meningkatkan kesehatan keluarga terus dilaksanakan oleh Puskesmas Mrebet. Salah satu diantaranya adalah mengadakan Kelas Calon Pengantin untuk mempersiapkan calon ibu dan calon ayah sejak pra nikah dan usia remaja agar kesehatannya lebih maksimal untuk persiapan hamil melahirkan dan merawat putra putri kelak.

Kelas ini dilaksanakan di 10 desa binaan wilayah kerja Puskesmas Mrebet dengan pelaksanaan perdana di Desa Mrebet, pada hari Sabtu, 13 Juli 2019 dengan pemateri bidan puskesmas yaitu Sri Sutarti dan Ririn Agus bersama bidan desa Diah Nurnaningsih.

 

Materi yang disampaikan mengacu pada Lembar Balik Kesehatan Reproduksi dan Seksual Bagi Calon Pengantin yang diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan. Materi berupa informasi tentang
– pernikahan,
– kesehatan organ reproduksi laki-laki dan perempuan,
– persiapan pranikah : persiapan fisik dengan pemeriksaan status kesehatan, pemeriksaan darah persiapan gizi melalui penanggulangan KEK dan anemia, imunisasi, dan menjaga kebersihan organ reproduksi),
– tindak kekerasan yang mengganggu pernikahan dan solusinya,
– kehamilan, persalinan dan KB, menyusui dan ASI Ekslusif,
– penyakit menular seksual, HIV dan AIDS, kanker, serta kehidupan seksual suami istri.

Peserta sebanyak 22 orang remaja diharapkan dapat mempersiapkan diri baik fisik maupun mental sehingga kualitas generasi muda dapat lebih baik lagi.

Rahayu

Puskesmas Mrebet

Leave a Reply